5 Strategi Marketing Efektif untuk Usaha Rumahan


Menjalankan sebuah usaha rumahan menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin mendapatkan keuntungan sambil tetap bisa berada di rumah. Pilihan bisnis ini biasanya dianggap cocok untuk ibu rumah tangga. Agar jenis bisnis ini bisa berkembang pesat maka dibutuhkan strategi marketing yang efektif. Berikut akan dibahas pilihan strategi pemasaran efektif yang bisa Anda lakukan.

1.                Gunakan Media Online

Pemakaian media online dianggap sebagai salah satu strategi pemasaran yang sangat efektif di zaman sekarang. Perkembangan teknologi membuat bisnis jadi lebih cepat berkembang setelah memanfaatkan media digital dan online. Caranya mudah, Anda bisa memulai dari pemasaran lewat grup WhatsApp teman-teman maupun tetangga di lingkungan tempat tinggal.

Selain lewat WhatsApp, Anda juga bisa melakukan marketing lewat media sosial. Gunakan media sosial seperti Instagram dan Facebook untuk memasarkan produk Anda. Pemasaran lewat media sosial seperti ini terbukti sangat efektif untuk membuat masyarakat mengenal produk dan melakukan pembelian.

2.                Sosialisasi Mulut ke Mulut

Anda juga bisa melakukan pemasaran produk dan bisnis Anda dengan metode mulut ke mulut. Ini menjadi metode pemasaran yang sangat sederhana namun masih terbukti efektif. Apalagi untuk jenis bisnis rumahan yang memiliki modal minim. Metode ini gratis dan bisa menyebar dengan cepat. Apalagi jika Anda memiliki penawaran produk yang menarik dan dibutuhkan banyak orang.

3.                Sebarkan Brosur

Pemasaran usaha rumahan juga bisa dilakukan lewat brosur. Anda bisa membuat brosur untuk dibagikan ke lingkungan perumahan tempat tinggal. Cara ini juga tidak membutuhkan banyak biaya namun efektif memberikan informasi ke masyarakat mengenai bisnis Anda. Buat brosur yang menarik dan berikan informasi mengenai bisnis serta produk Anda secara lengkap.

Pembuatan brosur mudah sekali untuk dilakukan. Anda bahkan bisa membuat desain brosur sendiri dan membagikannya langsung ke tetangga-tetangga. Selain brosur dalam bentuk fisik, Anda juga bisa membagikan brosur digital. Brosur digital justru lebih mudah disebarkan ke banyak orang dan lebih ramah lingkungan tentunya.

4.                Pasarkan Produk Ke Toko-Toko

Untuk memperluas jangkauan pemasaran, Anda bisa menitipkan produk ke toko atau warung lainnya. Misalnya, Anda menjual camilan maka Anda bisa menitipkan makanan tersebut ke toko yang lebih besar. Ini akan mempermudah orang lain menemukan produk Anda dan membelinya.

Metode ini membutuhkan kerja sama antara Anda dan orang lain yang memiliki toko atau warung. Anda bisa berdiskusi terlebih dahulu mengenai perjanjian kerja sama tersebut. Tanyakan apakah memungkinkan bagi Anda untuk menitipkan produk dan seperti apa aturan bagi hasilnya.

5.                Gunakan Marketplace

Zaman sekarang Anda bisa memasarkan produk ke pasar digital yaitu lewat marketplace. Melalui marketplace, Anda bisa bebas membuka toko dan mengunggah produk untuk dijual.

Anda juga bisa menjangkau lebih banyak konsumen melalui marketplace. Apalagi sekarang ini pengguna marketplace semakin banyak, bahkan masyarakat cenderung lebih senang belanja lewat platform ini.

Jika memang ingin memasarkan produk lewat marketplace, maka Anda juga harus mempromosikan lewat media yang lain. Bagikan link marketplace Anda lewat media sosial atau grup WhatsApp. Anda juga bisa menggunakan fitur yang ditawarkan pihak marketplace seperti iklan gratis untuk meningkatkan penjualan produk.

Itulah 5 strategi marketing yang cukup efektif untuk usaha rumahan Anda. Pastikan bahwa Anda sudah menentukan target konsumen terlebih dahulu. Ini akan sangat memudahkan Anda untuk memilih strategi marketing yang bisa dilakukan. Setelah bisnis berjalan, gunakan aplikasi Bukuwarung yang dapat membantu menyusun pembukuan secara efektif.

Belum ada Komentar untuk " 5 Strategi Marketing Efektif untuk Usaha Rumahan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel